September 18, 2009

Perbedaan Antara Sosiologi dengan Antropologi

.
.

Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa. Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal, tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama, antropologi mirip seperti sosiologi tetapi pada sosiologi lebih menitik beratkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya. Antropologi berasal dari kata anthropos yang berarti "manusia" atau "orang", dan logos yang berarti ilmu. Antropologi mempelajari manusia sebagai makhluk biologis sekaligus makhluk sosial. Antropologi memiliki dua sisi holistik dimana meneliti manusia pada tiap waktu dan tiap dimensi kemanusiannya. Arus utama inilah yang secara tradisional memisahkan antropologi dari disiplin ilmu kemanusiaan lainnya yang menekankan pada perbandingan/ perbedaan budaya antar manusia. Walaupun begitu sisi ini banyak diperdebatkan dan menjadi kontroversi sehingga metode antropologi sekarang seringkali dilakukan pada pemusatan penelitan pada pendudukyang merupakan masyarakat tunggal.



Sedangkan sosiologi, walaupun hampir sama dengan antropologi, namun kedua ilmu ini memiliki perbedaan. Sosiologi adalah pengetahuan atau ilmu tentang sifat masyarakat, perilaku masyarakat, dan perkembangan masyarakat. Sosiologi merupakan cabang Ilmu Sosial yang mempelajari masyarakat dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia. Sosiologi merupakan sebuah istilah yang berasal dari kata latin socius yang artinya teman, dan logos dari kata Yunani yang berarti cerita, diungkapkan pertama kalinya dalam buku yang berjudul “Cours De Philosophie Positive” karangan August Comte (1798-1857). Sosiologi muncul sejak ratusan, bahkan ribuan tahun yang lalu. Namun sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari masyarakat baru lahir kemudian di Eropa.


Dari pengertian tersebut, dapat ditarik sebuah kesimpulan, bahwa sosiologi mempelajari masyarakat sebagai satu kesatuan. Baik itu sistem, interaksi, kekuasaan, mata pencaharian, karakter kelompok, dan lain sebagainya. Sedangkan antropologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari individu sebagai bagian masyarakat, bagaimana individu-individu tersebut memiliki peran dan berperan dalam masyarakat.


Learn Something From This?

6 comments:

  1. makasih ya ats informasinya n_n

    ReplyDelete
  2. bukan mau komen sih..mau tanya..
    kalo esensi perkembangan sosiologi antropologi dalam memecahkan masalah pendidikan apa ya?

    ReplyDelete
  3. Esensi perkembangan sosiologi antropologi dalam memecahkan masalah pendidikan?

    Hmmm... Aku bukan ahlinya sih.. Jelas.. Tapi kalo menurut aku, dengan berkembangnya pembelajaran di bidang ilmu sosiologi dan antropologi, kini bidang-bidang ilmu lain yang mempelajari manusia juga ikut terbantu dan berkembang. Contohnya, psikologi, hukum, PPKN, dll...

    Kenapa bisa begitu? Gini, coba dipikirkan, seandainya antropologi tidak diperdalam dan tidak dipelajari lebih detail, maka mungkin saat ini masyarakat Eropa akan terkejut kalo melihat orang Jawa yg secara postur udah beda, dan ilmu kedokteran akan tertinggal jauh, karena antropologi juga mempelajari manusia dari SISI BIOLOGIS. Artinya antropologi juga mempelajari struktur tubuh manusia beserta manfaatnya, see? Itu sangat diperlukan di dunia medis.

    Sedangkan sosiologi yg lebih mengarah kepada masyarakat dalam sisi sosialnya, bisa dibilang memecahkan masalah pensisikan di bidang ilmu sosial seperti norma, nilai-nilai, atau moral manusia. Coba kalo sosiologi ga berkembang, bisa2 hukum itu ga ada, ga jelas, dan moral yang sekarang kita anut tidak pernah ada sebelumnya.

    So, kesimpulannya, antropologi yg mempelajari manusia dari sisi biologis sangat memecahkan masalah pendidikan di bidang ilmu kedokteran, sedangkan sosiologi memecahkan masalah pendidikan di bidang sosial (hukum, moral, norma, nilai2 kemanusiaan).

    ReplyDelete
  4. Menurut saya ada 3 hal pembeda antara sosiologi dengan antropologi : pertama tentang sejarah kemunculan ilmu, kedua tentang metode ilmiah yg dipergunakan dan ketiga obyek kajiannya, walaupun 2 pembeda terakhir ini sudah mulai memudar karena kedua ilmu itu telah berkembang dan lebih maju.

    ReplyDelete
  5. Menurut saya ada 3 hal pembeda antara sosiologi dengan antropologi : pertama tentang sejarah kemunculan ilmu, kedua tentang metode ilmiah yg dipergunakan dan ketiga obyek kajiannya, walaupun 2 pembeda terakhir ini sudah mulai memudar karena kedua ilmu itu telah berkembang dan lebih maju.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, jangan malu-malu...