Powered By Blogger

December 13, 2012

Highlight of 2012


"2012 has been the most extraordinary year of my life so far... Hope 2013 and so on will get better and better till I get back to my Creator!"


Pesan itu benar-benar terpatri mendalam di benak dan hati beberapa hari ini... Ketika mereview 2012 yang akan kulewati, aku baru sadar kalau tahun 2012 ini benar-benar tahun yang awesome!


Memasuki 2012, aku merasa tidak menjalani awal tahun ini dengan baik. Ada banyak masalah yang kuhadapi; manajemen waktu yang buruk, kesibukan yang terlalu over-dose dan urusan kuliah yang terbengkalai karena urusan-urusan lain yang seharusnya bukan prioritas namun menuntut untuk diperhatikan...

Tahun ini ada 3 event besar yang menjadi penerang ajaib di tahun ini. Aku benar-benar bersyukur sama Tuhan dan dengan kubuatnya posting ini, aku berharap di tahun-tahun mendatang, ketika masa-masa berat datang, aku masih bisa melihat terang yang memberi pengharapan dengan melihat pertolonganNya yang ajaib di tahun ini...



1. GOES TO AUSTRALIA


Sejak SMP, jika ditanya, "Kemana tempat tujuan yang paling kamu idam-idamkan?" Aku selalu menjawab "AUSTRALIA!", mungkin karena aku punya obsesi aneh terhadap koala atau kangguru, thanks to over-promotion from Australia's Public Relation... Tapi itu bener, sampai kuliah-pun aku paling pingin pergi ke Australia...

Aku ingat waktu temenku, Virginia L. Gunawan ngasih aku album untuk diisi, dia ngasih beberapa pertanyaan spesifik untuk aku tulis disana, dan salah satunya adalah: APA LOKASI IDAMANMU? dan dengan pede aku menulis gede-gede:


AUSTRALIA

At Melbourne with Petra Choir


Well, itu tampaknya mustahil, karena aku belum punya duit sendiri yang bisa bawa aku kesana, dan orang tua nggak punya alesan untuk kasih aku duit segitu untuk memuaskan cita-cita duniawiku itu.

Tapi di tahun ini, Paduan Suara Universitas Kristen Petra mengadakan MISSION TRIP dengan tujuan Perth dan Melbourne, dan semuanya tiba-tiba menjadi MUNGKIN! Ya ampun, Tuhan... Kamu baik banget seh!!!

After Ministry at Westminster Presbyterian Church - Perth


Aku menginjakkan kaki di Australia dan sampai detik ini, perasaanku tetap rindu dan terharu akan negara indah nan sejuk itu... Australia benar-benar luar biasa, memenuhi ekspektasiku (walau aku nggak ketemu koala dan kangguru, tapi nggak apa-apa). Aku ga akan bisa cerita detail kebahagiaan yang kurasakan disana, karena pasti akan menghabiskan banyak sekali tempat... Yang pasti, salah satu cita-cita masa kecilku yang bagiku mustahil telah Tuhan wujudkan di tahun ini.

After Concert at Perth



2. GOES TO AMBON




Kalau tadi adalah lokasi yang kuidam-idamkan, nggak cuma itu, Tuhan bahkan kasih aku hal yang ga pernah aku sangka-sangka: Pergi ke Ambon.

Apa yang ga pernah aku pikirkan, yang ga pernah timbul dari hati, itu Tuhan sediakan bagi aku lewat PESPARAWI 2012 di AMBON.

Setelah Test Panggung - Ambon


Pesparawi adalah lomba paduan suara buat mahasiswa-mahasiswa se-Indonesia. Dan sungguh beruntung diriku, tahun ini lomba itu diadakan di Ambon, dan aku bisa lolos audisi untuk mewakili Universitas Kristen Petra menuju Ambon. 

Perjalanan naik pesawat menghabiskan waktu sekitar 4 jam dan aku menghabiskan waktu di Ambon selama 8 hari... Benar-benar pengalaman ga terlupakan, disana aku bisa mencicipi makanan khas yang enak (lots of Cakalang), menikmati laut yang bersih dan udara yang hangat (harusnya PANAS, but it's GREAT!).

Ambon's Beach is absolutely stunning!


Tuhan mengijinkan aku mencicipi cuaca COLD di Australia dan nuansa TROPICAL SUMMER di Ambon... Apalagi yang bisa bikin tahun ini jadi lebih keren??



Bring 2 Gold Medals & 1 Silver




3. LULUS SKRIPSI


Climactic Highlight: LULUS SKRIPSI!

Rasanya kalau Tuhan ada di depanku, akan kupeluk erat-erat, aku akan berterimakasih sampai sembah sujud dan benar-benar meringkuk di pangkuanNya... Memang aku sangat bersyukur udah diselamatkan, tapi kenyataan kalau berkat-berkat duniawi diberikan pula pada anak-anakNya bikin aku makin terharu sama Dia...

Dengan lancar aku bisa lulus skripsi, kenapa lancar?

Tuhan, only Him, yang ngasih aku inspirasi akan apa yang akan aku teliti: Self Disclosure Pesan Relationship Violence pada Remaja Perempuan Kembar Dizygotic dan Monozygotic

Rumit? Sepertinya... Tapi benar-benar sebuah thesis yang ajaib, menyenangkan untuk dibuat, seru untuk dipelajari dan dilengkapi dengan tuntunan dua pembimbing yang sangat suportif, dosenku yang TOP abis, Bu Astri Yogatama dan Miss Desi Yoanita... Kalian berdua benar-benar malaikat dalam masa-masa skripsiku... Thank you so much!

Memang banyak masa-masa pusing, tapi Tuhan selalu jadi suporter ter-agresif-ku. Aku bener-bener hutang segalanya sama Tuhan...


TanpaNya, tahun ini bisa jadi sama... Aku bisa ke Australia, aku bisa ke Ambon, aku bisa lulus skripsi. Tapi tanpa Tuhan, semua itu nggak ada gunanya, nggak akan ada tempat bersandar, nggak akan ada tempat berharap, dan nggak ada rasa syukur dari hatiku.

Tanpa Tuhan aku hanya akan jadi pribadi congkak yang menyebalkan dan merasa serba bisa. Bersama Tuhan, aku tahu kalau aku nggak bisa apa-apa sebenarnya.



Tuhan, thank you for 2012...
Untuk seterusnya, aku tunggu kejutan-kejutan yang akan Kau berikan padaku!


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, jangan malu-malu...