Powered By Blogger

January 7, 2009

Tanaman = Penyembuh?? Bener Ga Ya...?


Bisa juga ya to...!!


Napa mesti diragukan kekuatan tanaman sebagai penyembuh?? Obat herbal jelas lebih baik dan manfaatnya terjamin ketimbang obat-obat yang mengandung bahan kimia, apalagi kalo tuh obat mengandung formalin dari Cina...

Kalian tahu?? Di rumahku itu juga ada aneka tumbuh-tumbuhan lo, baik dari yang terliar dan gak jelas ampe yang bener-bener ada manfaatnya...

Berikut aku kasih tahu tanaman-tanaman yang aku budidayakan (Halah... Cuma nanem satu aja budidaya...) hingga lestari di rumahku...


BELIMBING


Taneman yang satu ini kalo udah berbuah, aku sukaaaa banget... Biasanya paling enak kalo udah berbuah, nih buah dikupas, dipotongin panjang-panjang, terus dimasukin freezer ampe bener-bener beku... Kalo udah atozz bener, baru deh dimakan. Hmmmm... Enaknya menikmati Frozen Starfruit!! (Gak keren kalo aku ketik belimbing beku...)

Buah ini banyak juga loh manfaatnya!! Kalo sering makan buah ini, kolesterol di tubuh kita terjamin akan turun, dan orang-orang yang darah tinggi bisa sembuh dengan mengkonsumsi buah yang satu ini.

Jadi yang gak doyan ama belimbing, ati-ati darah tinggi loh!!!


ALOE VERA


Hihihi... Nih taneman namanye lidah buaya... Aloe Vera entu nama kerennya. Kenapa disebut lidah buaya?? Liat aja tuh panjang-panjang, kayak lidah, terus disampingnya ada gigi-gigi kayak gigi buaya, apalagi warnanya ijo, buaya banget kan?? (Mayoritas taneman ijo juga kalee...)

Lidah Buaya / Aloe Vera ini dinikmati dengan cara dikupas kulitnya, dipotong-potong dadu, direbus ama air, dikasih gula dan es batu. Dimakan langsung bisa juga sih, rasanya kayak nata de coco. Enak juga kok, dan baik untuk tubuh, karena aloe Vera ini menyejukkan badan, jadi kalo lagi panas-panas, minum Aloe Vera, bisa kerasa sejuk!

Fungsi lain dari Lidah Buaya adalah menjadi penyembuh bagi penyakit asam urat. Asam urat itu penyakit yang umum menyerang bagian kaki, dan biasa diakibatkan karena terlalu banyak mengkonsumsi santan, lemak, emping blinjo, dan kacang. Biasanya kalo orang itu kena asam urat, dia bakal kesakitan banget di bagian kaki... Kasihan bener lo!! Jadi harus minum lidah buaya yang banyak biar tuh asem urat bisa ilang...

Fungsi lannya, Aloe Vera ini baik untuk kesehatan kepala, alias bisa dipake buat keramas! Pernah gue nangkep basah pembantu gue lagi gosok-gosok kepalanya ama nih taneman!

“Mbak, apa itu?”

“Lidah buaya.”

“Buat apa?”

“Ya biar sehat kepalane...”

Walhasil, nih taneman bisa membersihkan ketombe dan mengurangi rambut rontok! Intinya, rambut jadi makin kuat dan sehat setelah dikeramasin pake aloe vera... wow!

Fungsinya banyak banget kan? Selain enak disantap, baik untuk menyejukkan badan, menyembuhkan asem urat, dan untuk kesehatan kepala, pasti masih banyak fungsi-fungsi lain dari aloe vera ini, tapi kan gue bukan ahli taneman ya, jadi taunya juga yang umum-umum aja...


ROSELLA FLOWER


Taneman ini sebenernya gak ada bunganya, ya cuma buah kecil berwarna merah. Bunga Rosella dikonsumsi dengan cara diambil buahnya, dikupas, dipotong, direbus ama air, dan setelah mendidih, airnya akan menjadi meraaaaah sekali, merahnya itu kayak fanta merah gitu.

Rasa minuman teh Rosella ini sangat kecut, tapi kalo dikasih gula ya jadi asem-manis gitu deh... Berikut kesaksian orang yang telah mengkonsumsi teh Rosella:

Efek pemakaian tanaman herbal kelopak bunga Rosella (Hibiscus Sabdariffa) sebagai pengobatan alternatip memang luar biasa dan aman (karena murni tanpa ditambahkan bahan lain sebagai campurannya). Setelah saya minum rebusan herbal ini selama 3 minggu berturut-turut, maka hypertensi saya dari 145/95 turun dan stabil hingga hari ini menjadi 120/80, bahkan kadang-kadang dibawah lagi. Kepada orang-orang yang saya rekomendasikan untuk menggunakannya juga memberikan hasil yang sangat positip. Hanya sayang sekali bagi orang yang tidak tahan asam, akan berakibat lambungnya merasa nyeri bila mengkonsumsinya. (Oleh Ridwan, sumber Kompas)

Nah, hebat kan tanaman ini, bisa membuat tensi darah stabil / menurunkan darah tinggi, dan juga baik untuk penyakit kolesterol, lho!


KEMUNING


Kalau tanaman yang satu ini tidak bisa dikonsumsi manusia, walau warnanya merah, jumlahnya banyak, dan cukup menggoda mata, buah ini rasanya pahit!

Kalau begitu ngapain ditanam??

Kemuning ini memiliki nutrisi dan biji-bijian yang baik untuk burung. Para burung sangat suka mengkonsumsi Kemuning. Itulah mengapa tanaman ini ditanam di dalam kandang burung, jadi burung-burung bisa menikmati buahnya yang bagi kita pahit, tapi bagi burung-burung: HAU JEEK!!


MANGGA


Kalau tanaman yang satu ini umurnya sudah tuaaaaaa banget, bahkan sebelum aku lahir nih taneman udah ada, kisahnya, papaku dikasih biji mangga ama temennya, ditanem, dan walah! Jadilah pohon mangga raksasa yang berbuah untuk kami setiap tahun...

Ini adalah mangga gadung, yaitu mangga yang warnanya oranyeeee banget, tapi rasanya gak semanis mangga manalagi. Tekstur buahnya agak basah, kalo manalagi kan warnanya putih, dan teksturnya kering.

Setiap tahun, nih pohon harus selalu dipanjati dan dipetik semua buahnya. Biasanya bisa menghasilkan 2 karung besar mangga, yang akhirnya akan dibagi-bagi kepada yang membutuhkan.

Kalo dipetik setelah musim hujan, biasanya rasa buah ini akan sedikit hambar. Ga tau napa, apa mungkin manisnya hilang terbawa air hujan?? Tapi kalo dipetik sebelum kena tetesan air hujan, buahnya selalu manis-manis banget.


SENCIVIERA


Tanaman yang mirip lidah mertua ini sangat tinggi sekali, tingginya ampe dadaku, hampir se-leher malah...

Sebenernya kalo di rumahku, tanaman ini gak terlalu berkhasiat, tapi bagi para perokok, tanaman ini sangat perlu dimiliki!

Senciviera adalah tanaman penghisap asap. Jadi kalau ada asap di sekitarnya, akan dinetralisir, hingga asap itu tidak terlalu pekat dan merusak kesehatan kita.


SRIKAYA


Tanaman ini masih baru ditanam, dan masih kecil. Tapi kalo udah berbuah, bijinya akan berlimpah ruah... Ya namanya juga srikaya... Siapa yang gak doyan??

Buah dari srikaya ini sangat aku suka! Dan untuk makan, diperlukan teknik dan seni tingkat menengah...

Dalam satu buah srikaya, bisa ada 200 biji hitam yang perlu disingkirkan agar bisa menikmati buahnya, jadi memakan buah srikaya memerlukan teknik tarian lidah yang handal.


UNKNOWN


Kalo taneman ini suer aku gak tau namanya dan fungsinya apa... Awalnya aku kira Cuma taneman liar, tapi my dad said, kalo nih daun jangan dicabut karena bukan taneman liar, walau my dad juga ga tau nih taneman fungsinya apa...

Yah aku foto aja buat kalian biar kalian semua tau, dan kalo ada yang tau ini, apa, tolong dijelasin ya... Hehehe...

Yang pasti taneman ini memiliki dan lebar dan daunnya itu warnanya aneh dan tebel kalo dipegang. Di permukaan daunnya ada bulu-bulu halus, jadinya kayak ngelus-elus kain beludru gitu...


THE END


Nah, sekian tanaman yang bermanfaat di rumahku, sebenernya dulu ada jambu biji ama pandan juga sih, tapi udah ga ada sekarang...

Jadi, kawan... Budidayakan tanaman di rumahmu, walaupun awalnya males dan merepotkan, percayalah kalau setiap tanaman yang dicipta Tuhan itu pasti ada gunanya.


"SAVE THE EARTH THROUGH THE PLANTS!"

3 comments:

  1. hahahaha...skrg jojo informatif rek...hihihi

    ReplyDelete
  2. kyaaaaaaaa....
    hahahaha...
    aq jd tertarik buat nanem2 gt...
    sayang rumahq yg skrg tidak mendukung T.T
    mungkin waktu pindah nanti, mamaq mang dr dulu doyan nanem2 gt....

    informatif ^^v

    yang perlu dikonsusmi lidah buaya n senciviera...
    sangat sangat sangat sangat sangat sangat berguna =D

    ReplyDelete
  3. yuk nanem nanem... ^^

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, jangan malu-malu...