Powered By Blogger

February 8, 2009

Insomnia Makes Me Dizzy!!!



Huuuuhuuuuhuuuu… Sedihnya hati ini…


Mata udah gak kuat melek, badan udah capek, pegel semua, kepala udah pusing, pinginnya itu tiduuuur...

Tapi selelah apapun badan ini, kok susah benget seh buat bobok!???

Kalian tahu? Sampe kadang-kadang saking putus asanya bat bisa tidur, aku mesti minum obat pilek yang bikin ngantuk banget biar bisa tidur!! (Ex: Stop Cold, Actifed, Trifed, dll...)

Aku tau itu gak sehat, tapi mungkin bagi kalian yang gak memiliki masalah tidur, kalian ak bakal bisa ngebayangin betapa tersiksanya kita-kita yang gak bisa tidur!

Jadi setelah badan kelelahan setelah seharian beraktivitas, kita hanya bisa menghabiskan 4 jam sendirian di atas ranjang gedebak-gedebuk putus asa biar bisa tidur... 3 jam lagi mesti bangun ke kuliah... Aduh... Bisa pingsan kalo gak tidur, ya walhasil cara terakhir minum obat pilek itu! Minum LELAP-pun gak mempan!!!


Penyakit kita itu namanya:

INSOMNIA...


Kayak lagu baru Craig David nih:

INSOMNIA (By Craig David)

I never thought that I'd fall in love, love, love, love
But it grew from a simple crush, crush, crush, crush
Being without you girl, I was all messed up, up, up, up
When you walked out, said that you'd had enough-nough-nough-nough

Been a fool, girl I know
Didn't expect this is how things would go
Maybe in time, you'll change your mind
Now looking back i wish i could rewind

Because i can't sleep til you're next to me

No i can't live without you no more
Oh i stay up til you're next to me
Til this house feels like it did before
Feels like insomnia ah ah, Feels like insomnia ah ah
Feels like insomnia ah ah, Feels like insomnia ah ah

Remember telling my boys that I'd never fall in love, love, love, love
You used to think I'd never find a girl I could trust, trust, trust, trust
And then you walked into my life and it was all about us, us, us, us
But now I'm sitting here thinking I messed the whole thing up, up, up, up

Been a fool (fool), girl I know (know)
Didn't expect this is how things would go
Maybe in time (time), you'll change your mind (mind)
Now looking back i wish i could rewind

Because i can't sleep til you're next to me
No i can't live without you no more (without you no more)
Oh i stay up til you're next to me (to me)
Til this house feels like it did before (Because it)
Feels like insomnia ah ah, Feels like insomnia ah ah
Feels like insomnia ah ah (Ah), Feels like insomnia ah ah


Ah, i just can't go to sleep
Cause it feels like I've fallen for you
It's getting way too deep
And i know that it's love because

I can't sleep til you're next to me
No i can't live without you no more (without you no more)
Oh i stay up til you're next to me (to me)
Til this house feels like it did before
Feels like insomnia ah ah, Feels like insomnia ah ah
Feels like insomnia ah ah, Feels like insomnia ah ah

Feels like insomnia ah ah, Feels like insomnia ah ah
Feels like insomnia ah ah, Feels like insomnia ah ah


Yah tapi bukan kaena cinta juga sih nih gak bisa tidur, kita gak bisa tidur itu gak ada alesannya apa-apa! Aneh soro toh!??? Kalo si mas Craig tuh kan gak bisa tidur gara-gara ditinggal ama doi-nya... Apa aku nih gak bisa tidur gara2 lom punya doi yah?? Hihihi...


Ok, ok... Back to the serious talk...


Pokoknya yang namanya insomnia tuh bener-bener gak enak!!! Gak kayak mas Craig yang bisa tidur nyenyak lagi kalo pacarnya balik, insomnia tuh gak tau mesti diobatin gimana... Mungkin mesti pake ramuan-ramuan herbal kali ya...


Apa sih penyebab orang bisa kena penyakit nyebelin ini??


Kesulitan tidur ( INSOMNIA ) merupakan salah satu musuh terbesar kita dalam kehidupan sehari-hari. Ditengah-tengah tuntutan untuk tetap tampil bugar dan sehat dalam pekerjaan kita, insomnia benar-benar sangat menganggu dan membuat etos kerja menurun drastis, anda pun dapat frustrasi menghadapinya. Pada saat anda berfikir apa yang salah pada diri anda, mungkin apa yang anda kerjakan pada siang hari yang membuat anda mengalami insomnia pada malan harinya.

Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam hidup ini. Tanpa tidur, kita akan jatuh secara fisik dan mental. Kekurangan tidur dapat menyebabkan gangguan mood, emosi, konsentrasi dan menimbulkan malas.

Anehnya, dengan tingginya tuntutan dalam dunia kerja, membuat banyak orang yang berusaha untuk mengurangi waktu tidurnya sebanyak mungkin.

Kebutuhan tidur orang dewasa rata-rata adalah 8 jam perhari, dan seiring bertambahnya usia akan berkurang menjadi 7,5 jam perhari. Kita tahu bahwa ada beberapa makanan tertentu yang dapat menganggu tidur kita. Salah satu yang tentunya sudah sangat kita kenal adalah kopi, yang sangat diandalkan untuk menjadi “doping” untuk tetap terjaga dimalam hari. Kemudian nikotin juga menjadi salah satu penyebab kenapa kita mendapatkan insomnia di malam hari.

Kafein di malam hari adalah “big no-no”, termasuk disini adalah coklat, teh dan soda. Banyak makanan kaleng atau siap saji yang mengandung kafein, namun tidak anda sadari. Periksalah labelnya sebelum menyantapnya.

Nikotin juga menjadi musuh utama dalam usaha mendapatkan tidur yang baik. Nikotin dapat menjadi perangsang untuk tetap terjaga sepanjang malam.

Makanan pedas dan asam juga dapat membuat usaha anda untuk tidur gagal karena mereka dapat membuat perut anda terasa panas dan nyeri, terutama yang memiliki riwayat maag. "Kenapa bisa begitu pada saat menjelang tidur ?" Saat kita merebahkan diri membuat rasa nyeri dan panas akan semakin bertambah hebat, hal ini akan membuat kita sangat sulit untuk tidur.

Selain makanan, tentunya gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari memegang peranan penting untuk mendapatkan tidur yang berkualitas pada malam hari. Jadi yang pertama kali harus anda adalah menganalisa pola hidup anda dan lingkungan sekitar anda.


Anehnya, Aku juga bukan tipe yang suka kopi loh... Tapi tetep aja kena Insomnia... Padahal gak stress juga... Aku kan always pure-happy...


Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan tidur yang baik dan nyenyak di malam hari:


# Tidak pergi ke tempat tidur anda sampai anda merasa lelah.
# Aturlah jadwal tetap untuk bangun pagi hari, bahkan saat akhir minggu.
# Tidak tidur saat siang hari.
# Hindari kafein, alkohol dan nikotin (rokok) pada malam hari.
# Tidak menonton televise, makan atau membaca di tempat tidur.
# Biasakan mengatur waktu tidur yang sama setiap malamnya.
# Hindari aktifitas yang berat 3 jam sebelum waktu tidur.
# Segera keluar dari tempat tidur anda bila anda tidak dapat tertidur.


Selain tips-tips diatas, olahraga secara teratur terutama pada saat siang hari dapat membantu usaha tidur anda. Sesekali gunakan waktu makan siang anda untuk beraktifitas, atau usahakan untuk banyak bergerak selama anda di kantor. Olahraga pada siang hari dapat meningkatkan konsentrasi, menjaga berat badan anda, mengatur tekanan darah dan kolesterol anda terjaga baik serta menghilangkan stress.


Berikut postingan dari seorang blogger menenai insomnia:


Akhir-akhir ini saya sering sekali susah tidur, dan kondisi ini membuat saya stress karena jam nguli saya saat ini kembali musti berawal sejak pagi hari. Iseng-iseng mencari referensi solusi di google dan internet, lha kok saya dikejutkan dengan artikel insomnia yang ada di Wikipedia Indonesia.

Insomnia adalah penyakit yang membuat seseorang tidak bisa tidur atau susah tidur, biasanya menimpa pada orang yang sering melakukan pekerjaan berat, berlatar belakang kejiwaan atau sosial yang buruk.

Secara umum, untuk menanganinya digunakan “obat tidur”.

Menurut saya definisi insomnia diatas sungguh-sungguh menyedihkan, bahkan menurut pengalaman saya justru karena saya tidak melakukan pekerjaan berat maka saya sering mengalami susah tidur akhir-akhir ini. Beda sekali dengan saat dulu saya masih nguli di lapangan yang menuntut porsi yang lebih secara fisik maupun pikiran, saya jarang sekali mengalami gejala susah tidur di malam hari. Latar belakang kejiwaan dan sosial menurut saya juga jauh dari definisi “buruk”.

Sangat disayangkan jika Wikipedia Indonesia bisa mengeluarkan referensi definisi yang seperti itu dan masih hanya seperti itu saja, meskipun pada status dibawah masih tercantum sebagai tulisan rintisan. Semestinya jika memang sebagai tulisan rintisan, alangkah lebih baik jika mengacu pada definisi Insomnia oleh seniornya yaitu English Wikipedia seperti berikut ini :

Insomnia is a symptom of a sleeping disorder characterized by persistent difficulty falling asleep or staying asleep despite the opportunity. It is typically followed by functional impairment while awake. Insomniacs have been known to complain about being unable to close their eyes or “rest their mind” for more than a few minutes at a time. Both organic and non-organic insomnia constitute a sleep disorder.

Lebih lanjut saya menemukan artikel lain yang mengatakan bahwa sebanyak 30-50% penduduk terserang insomnia, dan 10% di antaranya adalah insomnia kronis. Jika mengacu pada definisi Insomnia yang terdapat pada Wikipedia Indonesia tersebut, berati bisa disimpulkan bahwa 30%-50% penduduk memiliki latar belakang kejiwaan atau sosial yang buruk! Wow…. It’s just like a guyon goblog huh!?

Eniwei, saya menemukan nice tips untuk mengatasi insomnia ini pada artikel DetikHot. Namun membaca artikel tersebut sepertinya saya musti mencari referensi terlebih dahulu tentang tips mengurangi kafein dan nikotin, urrrgghhh….. susah sekali untuk bergaya hidup sehat itu ya? Dan juga mungkin saya perlu mencari tips mengurangi kecanduan ngeblog, bisa dilihat pada jam postingan saya ini betapa ngeblog pun bisa menjadi penyebab insomnia! anyone help me please…


Nampaknya semua blogger itu rawan terserang insomnia deh... Sama kayak permohonan blogger di atas: “Anyone, Help Me, Please!!


Sumber Informasi:

http://id.shvoong.com/medicine-and-health/1829403-penyebab-insomnia-dan-cara-mengatasinya/

http://epat.songolimo.net/2008/08/13/guyon-goblog-insomnia-di-wikipedia-indonesia/

6 comments:

  1. kalo mang situ ga bisa bobok, telpon aj sini...
    tar sini situ nyanyiin...
    =P
    tp jd insomnia ada enaknya lho...
    selaen inet pasti kenceng subuh2, ga ada yang ganggu apapun aktivitas qt...
    contoh : waktu baca buku, liat tipi, (maap) boker [bole percaya bole ga, boker waktu subuh2 ntu jauh lebih nikmat drpd pagi hari]

    nico post ^^

    ReplyDelete
  2. Masalahnya, selain insomnia, pencernaan juga ga lancar, jd ga setiap subuh bisa boker, bisa2 boker 3 hari sekali!

    ReplyDelete
  3. post selanjutnya...boker...
    hihihihi
    makanya, jgn post ttg setan2...ak takut...km insomnia lo....
    eh, ndk nyambung depannya...hahahaha
    isa ada lagunya

    ReplyDelete
  4. Jin, lagu itu cuma spy kliatan panjang... Kyahahaha... Gak, gak... Tak kasi lagu biar tetep ada unsur entertainment-nya...

    (Hihihi... Ngeles iki jenenge...)

    ReplyDelete
  5. unsur entertain...
    ckckckck...
    ngelesmu mas, cek kentoroE, hahaha...

    aq menemukan yg janggal setelah membacanya lagi : # Segera keluar dari tempat tidur anda bila anda tidak dapat tertidur.

    malah ga turu2, hahahaha

    ReplyDelete
  6. Yo iku maksude lek kabeh option wes dipake sek gak mempan ae, yoo gak usah tidur!!

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, jangan malu-malu...